Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Berkolaborasi Dengan Komisi IX DPR RI, BPJAMSOTEK Bengkulu Massifkan Sosialisasi Manfaat Program

 

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - BPJS Ketenagakerjaan atau sering disapa BPJAMSOTEK kantor cabang Bengkulu berkolaborasi dengan Anggota Komisi IX DPR RI Elva Hartati massifkan sosialisasi terkait program manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan, Selasa (28/5).

Langkah itu dilakukan untuk mendorong peningkatan kepesertaan, terutama kelompok masyarakat pekerja dari kategori bukan penerima upah atau mandiri.

Elva Hartati menyampaikan, maksud dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan lima program manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang dihadiri sekitar 300 warga. Antara lain Jaminan Kecelakan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

"Selain iurannya yang terjangkau yakni Rp16.800, manfaat yang didapat tidak hanya aman karena terjamin, tetapi juga memberikan kenyamanan bagi pekerja juga keluarganya," ujar Elva.

Menurutnya, sosialisasi masih perlu dilakukan secara masif untuk mendongkrak angka kepesertaan.

"Masyarakat harus dibekali informasi, pengetahuan, dan penjelasan terkait beragam manfaat program dari BPJS Ketenagakerjaan," lanjutnya.

Sebagai bentuk stimulus, politisi partai PDI Perjuangan ini memberi fasilitas dengan menanggung iuran 300 warga untuk menjadi peserta mandiri.

"Selama tiga bulan pertama, premi sebesar Rp 16.800 per bulan akan digratiskan untuk dua program manfaat sekaligus. Masing-masing Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Diharapkan nanti bisa melanjutkan sendiri dan akan dikawal dari BPJS Ketenagakerjaan karena manfaatnya sangat besar,’’ tandasnya.

Dengan dua program tersebut, peserta akan mendapatkan jaminan apabila terjadi kecelakaan kerja, yakni dengan menanggung biaya perawatan di fasilitas kesehatan. Jika sampai meninggal dunia, ahli waris juga akan mendapatkan dapat santunan sebesar Rp 42 juta.

M.Nuh, Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Bengkulu mengatakan, dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan masyarakat semakin dapat memahami akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan. 

Serta informasi terkait program BPJAMSOSTEK dapat semakin luas diterima oleh seluruh lapisan masyarakat pekerja.

"Tujuan kegiatan ini ialah untuk meningkatkan literasi serta manfaat program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada seluruh elemen masyarakat. Selain itu juga sebagai media sosialisasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat,” ungkap M.Nuh

Menurutnya, program edukasi bersama anggota DPR RI ini sangat bermanfaat dari dua sisi. Dari sisi masyarakat adalah mendapatkan edukasi mengenai manfaat program BPJS Ketenagakerjaan. 

Sedangkan dari sisi DPR, yaitu anggota DPR dapat mendengar langsung apa yang diharapkan peserta terkait penyelenggaraan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Kami berharap seluruh masyarakat semakin sadar akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan apapun profesinya," tutupnya.[Rls]