Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Empat Kelurahan Ikuti Pembinaan Pengelolaan Sampah


PedomanBengkulu.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu kembali melaksanakan kegiatan pembinaan pelatihan pilih, pilah dan olah sampah dari rumah di 4 Kelurahan Kota Bengkulu.

Pada Senin, 20 Mei 2024 lalu pelatihan dilaksanakan di RT 04 Kelurahan Bentiring Permai di bawah bimbingan fasilitator Erianto.

Sementara, pada Jumat, 24 Mei 2024 pelatihan Pilih, Pilah dan Olah Sampah dari Rumah dilaksanakan di RT 09 Kelurahan Panorama.

Sedangkan pada Sabtu, 25 Mei 2024 dilaksanakan di RT 12 Kelurahan Padang Serai Kecamatan Kampung Melayu dipandu langsung oleh Siti Farwati (Lala) selaku Fungsional Pengendali Lingkungan DLHK Pemprov Bengkulu bersama koordinator Yudi Nugroho.

Selanjutnya kegiatan pelatihan dilaksanakan di RT 07 Kampung Kelawi Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu pada Sabtu, 25 Mei 2024. Pelatihan ini juga dihadiri oleh ibu Lala, Eko Sumartono dari dosen UNIVED dan Koordinator, Fasilitator serta Bank Sampah SEHATI sebagai narasumber materi Eco Enzym, komposter dan Pengelolaan kerajinan limbah plastik.

Di sisi lain, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring SH yang juga selaku Inisiator Bank Sampah menyampaikan bahwa laporan dari fasilitator dan pihak DLHK Provinsi Bengkulu membuat dirinya bertambah semangat.

Menurutnya, tetap berbuat kebaikan meskipun ada yang meremehkan, terpenting melakukannya dengan ikhlas dan bermanfaat bagi lingkungan.

“Kalo melihat antusias mereka, tambah semangat saya mengawal program ini. Merdeka Sampah jangan hanya Jargon saja, tetapi dikembangkan di masyarakat penyadaran akan mengelola sampah hingga merubah pengeluaran menjadi pemasukan. Kita terus bergerak untuk menularkan pola pengorganisasian kelompok kader lingkungan yang membentuk kesadaran penyelesaian sampah dengan cara komunitas kecil ditingkat kelompok di dalam RT,” ujar Usin Abdisyah Putra Sembiring SH.

Pengorganisasian ini, lanjut Usin, efektif sekali untuk mengedukasi emak-emak yang katanya produsen sampah di tingkat rumah tangga juga menjadi pengelola sampah dirumah.

“Program ini unstopable kok, karena kita bergerak dengan ikhlas dan hati nurani untuk kebersamaan dan kesehatan lingkungan,” tutup Usin Abdisyah Putra Sembiring SH.