Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pemkab BS Berhasil Pertahankan Opini WTP dari BPK Tiga Tahun Bertutut-Tutut

PedomanBengkulu.com - Pemkab Bengkulu Selatan baru saja meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun anggaran 2023, dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Senin 20 Mei 2024. Dengan capaian tersebut, Bengkulu Selatan kini berhasil meraih WTP tiga tahun secara berturut.

Setelah sebelumnya menerima WTP dari BPK RI tahun 2022 dan 2023.Penghargaan ini sekaligus kado terakhir Bupati Bengkulu Selatan di akhir masa jabatan dirinya bersama Wakil Bupati H. Rifa’i Tajuddin S.Sos.

Sebab tahun 2024 ini merupakan tahun terakhir kepemimpinan Gusnan dan Rifa’i.

Atas capaian itu, Gusnan mengucapkan hal tersebut sesuatu hal yang luar biasa bagi Pemkab Bengkulu Selatan.

Karena selama ini belum pernah dicapai oleh pemerintahan sebelumnya.

WTP ini, diungkapkan Gusnan, sejalan dengan prestasi lainnya seperti indeks pembangunan manusia meningkat dari tahun 2022.Bahkan tertinggi di kabupaten kota se-Provinsi Bengkulu Begitupun angka kemiskinan mengalami penurunan 0,5 persen.

Angka harapan hidup juga meningkat 0,8 persen.Angka sekolah meningkat 21 persen dari tahun 2022. Fokus pembangunan ekonomi meningkat 3,6 persen. Dalam tata kelola pemerintah, mengalami peningkatan dari tahun 2004 hingga 2023.Nilai Sakip juga meningkat dan bersyukur B. Reformasi hukum juga naik jadi 86 persen. Tingkat kepatuhan publik 84 persen jadi 94 persen dengan kategori tertinggi."Saya rasa ini oleh dari kami untuk pemerintah kabupaten Bengkulu Selatan dan kita semua masyarakat dipenghujung masa jabatan kami," kata Gusnan.

Gusnan menyakini capaian WTP ini akan tetap berlanjut hingga tahun-tahun berikutnyaSebab saat ini kendali dan pertanggungjawaban soal WTP masih di bawah kendali dirinya hingga awal tahun 2025 mendatang.

Ia pun kembali mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan seluruh tim, kepala kantor perwakilan, kasubdit auditor, para auditor,  dan para koordinator yang telah melakukan audit di Kabupaten Bengkulu Selatan.

"Kami ucapkan bantuannya atas kerjasamanya sehingga Bengkulu Selatan meriah WTP yang ketiga kalinya," ucap Gusnan.

Gusnan juga meminta untuk melaksanakan rekomendasi dari BPK agar seluruh temuan dapat diselesaikan dengan baik. Gusnan menambahkan target WTP hingga tahun 2026.

Ia mengaku optimis apabila pengelolaan LKPD Bengkulu Selatan tetap baik seperti tiga tahun terakhir.  Sehingga target capaian WTP hingga 2026 diyakini Gusnan bisa tercapai. 

"Yang penting ada kemauan secara bersama untuk Kabupaten Bengkulu Selatan maju," sampai Gusnan.Sementara itu, Ketua DPRD Bengkulu Selatan, Barli Halim, SE yang ikut dalam penerimaan WTP tersebut mengatakan, capaian ini akan menjadi momentum untuk Kabupaten Bengkulu Selatan mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi.

Khususnya pengelolaan keuangan daerah. Sehingga akan menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan ke depannya.

“Rasa syukur terus kita panjatkan atas meraih prestasi opini WTP tersebut. Tentunya kita berharap Kabupaten Bengkulu Selatan dapat kembali meraih opini WTP dari BPK pada tahun-tahun berikutnya,” harap Barli.(ADV)