Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kepedulian Terhadap Krisis Iklim, Gubernur Rohidin Tanam Pohon dan Launching Buku Anak

Tampak Foto Bersama Gubernur Bengkulu saat Menghadiri Acara 
                                               Tanam Pohon dan Launching Buku Anak

PedomanBengkulu.com - Sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap krisis iklim, Pemerintah Provinsi Bengkulu melakukan aksi tanam pohon. Aksi tersebut dimulai secara simbolis oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dengan menanam pohon eru atau cemara laut di sisi parkiran Bencoolen Mall pada Rabu (12/6/2024).

Kegiatan ini sebagai bagian dari Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024.

Gubernur Rohidin menyebut, upaya penyelesaian krisis iklim ini dilakukan dengan inovasi dan prinsip keadilan, aksi nyata berupa restorasi lahan, penggurunan, dan ketahanan terhadap kekeringan.

Kegiatan ini dilaksanakan bersama-sama dengan masyarakat, akademisi, komunitas lingkungan, pelajar dan lainnya. Untuk itu juga dilakukan pembagian bibit alpukat yang kemudian ditanam untuk mendukung pemulihan lahan.

"Banyak informasi yang menggambarkan pada tahun 2050 kita akan dihadapkan dengan lingkungan yang semakin tidak nyaman. Pemanasan global luar biasa. Air bersih sulit didapat dan masih banyak lagi masalah yang akan muncul. Hal ini yang harus kita antisipasi dari sekarang, bukan hanya sekedar imbauan atau kampanye lingkungan, tetapi aksi nyata, salah satunya menggalakkan pangan lokal atau deversifikasi," tegas gubernur.

Pada kesempatan ini juga Gubernur Rohidin launching buku seri anak yang bercerita tentang lingkungan dan adat-istiadat Bengkulu.

Buku tersebut mengangkat empat tokoh utama yang namanya diambil dari kearifan lokal Bengkulu. Mereka adalah Dolila dari alat musik Dhol, Taboti dari Tabot, Oldi dari bunga Rafflesia Arnoldi, serta Bocan yang merupakan akronim dari Bengkulu Cantik.

"Buku-buku cerita ini dikhususkan bagi anak TK dan PAUD yang ada di Provinsi Bengkulu. Buku disusun untuk menumbuhkan rasa kepedulian anak-anak kita terhadap lingkungan. Tahun 2025 nanti buku akan diterbitkan secara massal," terang Rohidin.

Menjalin keakraban, Gubernur Rohidin juga berinteraksi dengan story telling bersama anak SD, TK dan PAUD.