Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Program Listrik Gratis Bagi Masyarakat Seluma Yang Kurang Mampu Masih Dalam Proses

Tampak Foto Erlan Suadi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan. Foto : Rahmat/pedomanbengkulu

PedomanBengkulu.com, Seluma - program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma tahun 2024, yakni pemasangan jaringan listrik gratis, program tersebut bagi masyarakat Seluma yang kurang mampu dan saat ini sedang dalam proses Verifikasi.

Erlan Suadi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Seluma, ia mengatakan saat ini pihaknya sedang dalam melakukan proses untuk menyalurkan program listrik gratis tersebut.

“Program pemasangan listrik gratis saat ini kami sedang dalam proses penyusunan HPS. Yang menjadi indikator HPS ini adalah harga peralatan di toko, kemudian juga biaya pemasangan listrik. Sebelumnya kita sudah melaksanakan tahapan penyusunan kerangka acuan kerja (KAK). Setelah HPS ini nanti baru akan dilelang," sampai Erlan, senin 24 Juni 2024.

Diketahui, listrik yang akan di terima oleh calon penerima nantinya merupakan listrik subsidi dengan daya 450 KWH, untuk kilometernya berjenis pasca bayar.

Selain memang masuk kriteria penerima listrik subsidi, Erlan juga menjelaskan ada beberapa faktor yang juga akan dinilai oleh PLN. Salah satunya riwayat pelanggan, "Untuk jumlahnya kita masih menunggu HPS. Sedangkan untuk datanya ini berdasarkan pengajuan dari kepala desa dan memang masyarakat yang membutuhkannya," jelasnya.

Lebih lanjut, Erlan mengatakan bahwa setelah semua usulan masuk. Maka akan diverifikasi lagi oleh Dinas Perkimhub. Setelah itu, barulah akan disampaikan ke PLN Ranting Tais. Apakah seluruh rumah yang diusulkan bisa dipasangi jaringan listrik atau tidak.

“Terkait yang berhak atau tidak, apakah nanti layak menerima atau tidak PLN yang menentukan. Mereka akan kembali melakukan survei," tutup Erlan.

Penulis: Rahmat