Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Rem Cakram Tidak Terawat Berpotensi Memicu Kecelakaan, Hindari Dengan Tips Berikut!

 

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Rem merupakan bagian terpenting dari kendaraan bermotor, karena digunakan untuk menahan atau menghentikan laju kendaraan. Jadi, jika kinerja rem terganggu tentunya dapat membahayakan keselamatan berkendara.

Disampaikan Kepala Bagian Technical Service Astra Motor Bengkulu, Rangga Noviar, rem merupakan komponen keselamatan yang penting untuk kendaraan roda dua. Para pengendara perlu mengetahui bahwa berdasarkan kegunaannya, rem cakram memiliki dua tipe yaitu yaitu rem tromol (drum brake) dan cakram (disc brake).

Menurut Rangga, rem cakram sering dianggap lebih pakem dalam proses pengereman jika dibandingkan rem tromol. Kendati demikian, sepakem apapun rem cakram pasti juga bisa mengalami masalah apabila tidak dirawat dengan baik.

Dikutip dari laman resmi Astra Motor Bengkulu @Honda Bengkulu, berikut beberapa tindakan yang penting untuk diketahui oleh pengguna sepeda motor Honda agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

Pertama, pengguna sepeda motor harus rutin membersihkan kaliper. Perawatan ini penting dilakukan, karena kotoran pada bracket kampas rem bisa membuat rem cakram jadi seret.

Kedua, periksalah kondisi karet boot kaliper. Apabila memang masih dalam keadaan yang bagus, beri gemuk pada bas bracket kampas rem serta karet boot kaliper sekaligus. Jangan lupa juga memastikan pinton kaliper tetap bersih.

Pengguna sepeda motor Honda juga harus rutin memeriksa dan mengganti minyak rem untuk menjaga agar kinerja rem cakram lebih optimal. 

Umumnya, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km. 

Rangga selalu mengingatkan pengguna sepeda motor Honda untuk melakukan perawatan sepeda motor hanya di Bengkel Resmi sepeda Motor Honda (AHASS), karena AHASS memberikan garansi service dan sparepart asli dengan kualitas terbaik, sehingga awet dan membuat motor selalu aman dan nyaman saat dikendarai.

“Ingat! Selalu lakukan service teratur hanya di AHASS, dan selalu gunakan sparepart asli Honda” tutupnya.[KC06]