Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Upaya Siapkan Bidan Kompeten, BKKBN Gelar Pelatihan Pelayanan Kontrasepsi

Kegiatan Pelatihan dan Pelayanan Kontrasepsi yang dilaksanakan BKKBN Bengkulu/dok.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Pemerintah Provinsi Bengkulu terus berupaya meningkatkan kompetensi tenaga profesi bidan. Melalui Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu memberikan pelatihan pelayanan kontrasepsi bagi tenaga bidan di Bengkulu.

Tahun ini pelatihan dilaksanakan dalam dua angkatan, pada pekan pertama Juni 2024 berlangsung angkatan pertama yang melibatkan  sebanyak 15 orang. Pada tahun ini total bidan yang mendapat pelatihan kompetensi sebanyak 30 orang," kata Ketua Tim Kerja 7 BKKBN Bengkulu Drs. Zainin kepada pewarta, Rabu, 12/6.

"Penyediaan layanan kontrasepsi merupakan salah satu pilar dalam upaya meningkatkan kesehatan ibu dan anak sehingga menjadi salah satu kunci tidak hanya dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan anak juga diharapkan dapat menekan kasus stunting".

Peningkatan kompetensi melalui pelatihan ini terus dilakukan BKKBN agar bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan mampu memberikan pelayanan kontrasepsi kepada calon akseptor yang sesuai standar.

Pelayanan Pelkon Raih 50 MKJP 

Disebut Zainin, untuk mengetahui keterampilan peserta pelatihan dalam memasang kontrasepsi pihaknya menggelar praktik lapangan untuk memasang kontrasepsi bagi pasangan usia subur di daerah ini," ujarnya.

Pada praktik lapangan tersebut telah berhasil melayani kontrasepsi jangka panjang jenis Intera Uterine Device (IUD) dan Implant dan telah melakukan pemasangan maupun pencabutan. Untuk pemasangan IUD 32 peserta dan 20 implant dan pelayanan pelepasan IUD tiga orang dan implant dua orang," rinci Zainin.[Rls]