Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Dokumen yang Menggunakan E-Meterai dan Cara Beli E-Meterai di Blibli

 


E Meterai adalah segel resmi yang digunakan untuk menandai keabsahan dokumen dan surat resmi dalam bentuk elektronik atau digital. Meterai elektronik ini harus diterbitkan oleh pihak yang berwenang, seperti kantos pos atau agen pemerintah yang ditunjuk, guna memastikan keaslinnya serta mematuhi peraturan yang berlaku.

Dokumen yang Dapat Memakai E-Meterai

Berikut beberapa dokumen yang bisa menggunakan E-Meterai:

-          Ada beberapa kampus yang sudah menggunakan e-meterai sebagai data resmi sekolah, apalagi untuk beberapa jenis surat edaran yang bersifat resmi, khususnya untuk lomba yang diselenggarakan secara luas. Dalam pemakaiannya, Anda biasanya dapat langsung memindai e-meterai untuk info lebih lanjut terkait surat yang dimaksud.

-          E-meterai juga bisa digunakan untuk dokumen resmi tentang harta atau warisan. Penggunaan e-meterai menjadi hal yang sangat tepat, terutama bagi Anda yang membutuhkan dokumen secara cepat.

-          Dokumen resmi terkait pekerjaan CPNS sudah mengusung peraturan harus menggunakan e-meterai. Hal ini dikarenakan persyaratannya yang cukup banyak yang harus diunggah. Dengan demikian, e-meterai memang menjadi alternative terbaik.

-          Meterai elektronik bisa digunakan untuk dokumen resmi ketenagakerjaan guna memastikan isi dari surat yang diedarkan untuk karyawan dan pelaku usaha, supaya perjanjiannya lebih resmi dan absolut.

-          Perlu diketahui bahwa dokumen transaksi seperti invoice sudah dapat memakai meterai elektronik karena bisa dipindai untuk detail lebih lanjut. Hal ini tentunya akan membuat transaksi menjadi lebih jelas dan tidak rawan penipuan lantaran pemindainya sendiri tidak sembarangan.

Apakah Dokumen yang Dibubuhkan E-Meterai Boleh Dicetak?

Meterai elektronik bisa dibubuhkan oleh pihak yang membutuhkan tanda tangan elektronik, bukan tanda tangan basah. Jika dokumen elektronik yang mempunyai e-meterai dicetak, maka dokumen yang dicetak tersebut bersifat dokumen salinan lantaran dokumen aslinya tidak ada pada dokumen elektronik. Maka dari itu, dokumen yang dibubuhkan e-meterai boleh dicetak, namun sifatnya menjadi dokumen salinan.

Cara Membeli E-Meterai di Blibli

Kini sudah banyak shopping online yang menawarkan berbagai produk yang anda butuhkan, salah satunya adalah Blibli.

Blibli adalah salah satu pelopor toko online shopping mal yang selalu berkomitmen untuk memberikan pengalaman belanja online yang aman, nyaman, mudah, dan menyenangkan dengan beraneka ragam produk-produk berkualitas yang dibutuhkan oleh masyarakat.

1.       Pastikan Punya Akun Terlebih Dahulu

Yang menjadi hal pertama yang harus dilakukan pada saat hendak membeli materai elektronik di Blibli adalah memiliki akun terlebih dahulu. Pasalnya, Anda tidak akan bisa membeli materai baik di web maupun aplikasi tanpa adanya akun. Membuat akun di Blibli terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan sinkronisasi akun email dan nomor kemudian isi data diri secara lengkap. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara yang sama baik di web resmi maupun aplikasi.

2.       Mencari e-Materai

Setelah membuat akun, langkah selanjutnya adalah mencari e-materai elektronik yang tersedia di official store Blibli. Memilih e-materai bisa Anda lakukan dengan cara menekan lambang + yang disediakan langsung pada jumlah produk, sesuaikan dengan jumlah e-meterai yang dibutuhkan. Harga akan langsung ditampilkan di bagian bawah pojok kiri, kemudian di sampingnya ada button lanjut bayar yang dapat langsung ditekan.

3.       Lakukan Pembayaran

Selanjutnya Anda akan langsung diarahkan pada laman bayar yang dapat dilakukan melalui berbagai bank dan e-wallet, pilih salah satu lalu masukkan PIN dan pembayaran selesai.

Dengan adanya e-Materai tentu memudahkan kita untuk menjadikan dokumen yang kita buat legal.