Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Gubernur Rohidin Dorong Pengembangan Desa Wisata Berbasis Budaya dan UMKM Lokal

PedomanBengkulu.com - Malam puncak Penganugerahan Lomba Desa Wisata Provinsi Bengkulu tahun 2024 digelar di Lapangan Kelurahan Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara dan dihadiri langsung Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, pada Jumat (26/7) malam.

Gubernur Rohidin menyampaikan bahwa ada tiga desa di Bengkulu Utara yang berhasil masuk dalam 10 besar Lomba Desa Wisata 2024 tingkat Provinsi Bengkulu, yaitu Desa Rama Agung, Kampung Kemumu, dan Desa Batu Raja (R) Rejang. 

Ia menekankan bahwa pengembangan desa wisata tidak harus selalu berbasis keindahan alam, tetapi juga bisa berbasis budaya dan pengembangan UMKM lokal. Seperti Desa Rama Agung yang menawarkan sesuatu yang berbeda.

"Pada umumnya desa wisata menawarkan atraksi wisata alam seperti sungai, pantai, atau danau. Namun, Desa Wisata Rama Agung justru satu-satunya yang menawarkan atraksi wisata religi," katanya.

"Intinya, desa wisata tidak harus menampilkan keindahan alam semata. Menampilkan keragaman budaya juga memiliki nilai dan daya tarik tersendiri. Terlebih lagi, Desa Rama Agung dihuni oleh beragam suku dari seluruh Indonesia, seperti Bali, Jawa, dan Rejang," lanjutnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin Hanuzar, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan puncak dari penyelenggaraan Lomba Desa Wisata tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2024, yang sudah dimulai sejak Mei 2024. Dalam malam anugerah ini, diumumkan lima besar juara Lomba Desa Wisata Provinsi Bengkulu.

Selain itu, lomba desa wisata tahun ini diikuti oleh peserta dari desa wisata di Provinsi Bengkulu yang meraih juara satu hingga tiga pada lomba desa wisata tahun-tahun sebelumnya. 

"Tema Lomba Desa Wisata 2024 Provinsi Bengkulu adalah Lomba Desa Wisata Pengembangan dan Berkelanjutan Provinsi Bengkulu Tahun 2024. Pengembangan desa wisata memiliki efek berganda yang sangat luas bagi daerah, terutama desa," ungkapnya.

"Melalui pengembangan desa wisata, perekonomian desa dan masyarakat desa juga dapat berkembang dengan baik. Ini harus dikembangkan secara berkelanjutan sehingga bisa menjadi sumber pendapatan desa itu sendiri," tambahnya.

Perlu diketahui, salah satu tokoh yang mendorong Desa Rama Agung menjadi desa wisata adalah Ketua MUI Provinsi Bengkulu, Rohimin. Ia menilai desa ini memiliki kekhasan tersendiri.

Acara ini juga dihadiri oleh General Manager Angkasa Pura, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Kepala OPD Provinsi Bengkulu, serta Kepala OPD dan FKPD Bengkulu Utara, dan seluruh peserta lomba desa wisata se-Provinsi Bengkulu.

Berikut lima besar pemenang Lomba Desa Wisata Provinsi Bengkulu tahun 2024:

1. Kampung Wisata Kemumu, Kelurahan Kemumu, Kabupaten Bengkulu Utara

2. Desa Wisata Blitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong

3. Desa Wisata Air Sempiang, Kabupaten Kepahiang

4. Desa Wisata Sumber Urip, Kabupaten Rejang Lebong

5. Desa Wisata Rindu Hati, Kabupaten Bengkulu Tengah.