Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Jalan Sudah Glowing, KKN Di Enggano Tak Lagi Memprihatinkan, Mahasiswa UGM dan UNIB Harus Siap LDR

Gubernur Rohidin Saat Melepas Peserta KKN Di Pulau Enggano.Dok.Media Center Provinsi Bengkulu. 

PedomanBengkulu.com - Sebanyak 82 mahasiswa yang terbagi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Bengkulu (UNIB) dilepas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Balai Raya Semarak Bengkulu pada Selasa, 2 Juli 2024.

Para mahasiswa ini akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Enggano, Bengkulu Utara, selama 40 hari.

"Hari ini kita melepas adik-adik kita untuk melaksanakan KKN di pulau terluar Bengkulu, yaitu Enggano Bengkulu Utara. Tadi kita pesankan agar mereka dapat membangun baik itu sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA) yang ada di Enggano," ujar Rohidin.

Rohidin menjelaskan bahwa KKN ini adalah simulasi bagi mahasiswa untuk menentukan apakah mereka layak menyandang gelar sarjana. 

Selain itu, pembangunan infrastruktur di Pulau Enggano yang telah berlangsung dalam beberapa tahun terakhir sudah bisa dinikmati.

"Listrik di Pulau Enggano sudah tersedia 24 jam sejak dua tahun terakhir, dan internet dengan jaringan 4G juga sudah tersedia. Jadi tidak ada alasan lagi bagi adik-adik untuk tidak melaksanakan kegiatan dengan baik," tambahnya.

Rohidin berharap SDM dari UNIB dan UGM dapat menambah wawasan dan mempercepat peningkatan keterampilan masyarakat Enggano, terutama melalui kolaborasi antara mahasiswa dari kedua universitas tersebut.

Tampak Gubernur Rohidin Sedang Menyapa Beberapa Mahasiswa Peserta KKN 

Sementara itu, Aulia Khoiriyah mahasiswi Politik dan Pemerintahan UGM, menyatakan bahwa Program KKN adalah bagian wajib dari kurikulum UGM, dan kolaborasi dengan mahasiswa UNIB menjadi kesempatan berharga.

"Kami sangat senang mendapat kesempatan yang luar biasa untuk berkolaborasi antara UGM dengan UNIB. Kami sangat mendorong KKN kolaborasi ini, yang juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hubungan antar perguruan tinggi dan antar mahasiswa," tuturnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bengkulu yang telah menfasilitasi pelepasan mereka untuk KKN di Enggano. Sebagai informasi tambahan, mahasiswa UGM juga melaksanakan KKN di Kabupaten Kaur.