Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Lestarikan Budaya Seluma, Pakaian Adat Akan Masuk Dalam Pembelajaran Muatan Lokal


PedomanBengkulu.com, Seluma - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Seluma, sedang melaksanakan penyusunan Peraturan Bupati (Perbup) terkait tentang pakaian adat Seluma yang akan dimasukkan kedalam kurikulum pembelajaran muat lokal (mulok).

Diketahui, pembelajaran muatan lokal tersebut akan di mulai pada tahun ajaran baru mendatang, hal tersebut di lakukan guna untuk melestarikan pakaian adat Seluma dan berbagai potensi daerah.

Een Ruziandi Kabid Kabudayaan mengatakan, bahwa saat ini dinas pendidikan kabupaten Seluma sedang menyusun perbup tersebut dan akan segera di selesaikan Juli ini.

"Perbub pakai adat dan kurikulum muatan lokal jika tidak ada kendala bulan juli ini perbub sudah selesai di buat," Sampai Een, Selasa 9 Juli 2024.

Lanjut Een, hal ini dilakukan guna agar peserta didik dapat mencintai dan melestarikan budaya Seluma, dan diharapkan peserta didik dapat memegang teguh kearifan budaya lokal Serawai.

"Kurikulum ini untuk sekolah tingkat  SD mulai dari kelas 4,5,6 dan siswa SMP,” imbuhnya.

Saat ini dikatetahui ada beberapa budaya Seluma yang sudah masuk dalam kurikulum pembelajaran muatan lokal, yakni surat ulu, masakan khas Seluma, kemudian pencak silat, dan saat ini sedang di susun yakni pakaian adat Seluma.


Penulis: Rahmat