Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri: Empat Pilar Angkat Harkat dan Martabat Perempuan

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief menggelar acara sosialisasi empat pilar MPR RI yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI yang dihadiri puluhan para pekerja perempuan, baru-baru ini.

"Zaman boleh maju, tapi identitas bangsa tidak boleh tergerus. Inilah makna penting sosialisasi empat pilar MPR RI ini diadakan. Empat pilar MPR RI ini harus tertanam dalam diri setiap manusia Indonesia dimana pun berada, apapun sukunya, berapa pun usianya," kata Hj Riri Damayanti John Latief.

Lulusan Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini menjelaskan, dengan penguatan empat pilar MPR RI ini, masyarakat tetap rukun dan bersatu meski sedang menghadapi situasi politik yang hangat pasca pemilu legislatif dan pilpres serta persiapan pilkada pada November 2024 nanti.

"Berbeda boleh, berantem jangan. Empat pilar MPR RI meletakan demokrasi yang mensejahterakan, bukan sebagai ajang saling menjatuhkan. Pemilihan adalah sarana untuk mendudukan orang yang tepat yang mampu menyatukan semua pihak bekerjasama dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan tantangan ke depan," urai Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kepahiang ini menekankan, salah satu bentuk implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar MPR RI adalah mendukung kemajuan peran perempuan dalam perpolitikan tanah air.

"Kalau di tataran legislatif, peran perempuan dalam politik memang sudah meningkat dan patut diapresiasi. Namun untuk di tataran eksekutif, perlu diperkuat. Di Bengkulu misalnya, belum pernah bupati, wali kota atau gubernur dari kalangan perempuan," sampai Hj Riri Damayanti John Latief.

Perempuan yang diberi gelar Putri Dayang Negeri oleh Masyarakat Adat Tapus ini menambahkan, pada masa pandemi kemarin dan ancaman resesi yang mungkin akan terjadi, perempuan akan menghadapi tantangan lebih khususnya dalam mengelola perekonomian rumah tangga.

"Kalau setiap perempuan mampu menjiwai Pancasila dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, insya Allah bisa jadi bekal dalam menghadapi berbagai tantangan dan menjadi benteng terhadap berbagai dampak perubahan," demikian tutup Hj Riri Damayanti John Latief. [**]