Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sukses Gelar Festival Tabut 2024, Pemprov Bengkulu Siapkan Event Nasional Baru Tahun Depan

PedomanBengkulu.com - Sukses menggelar Festival Tabut Bengkulu setiap tahun menjadi prestasi membanggakan bagi masyarakat Bumi Rafflesia. Terlabih, Festival Tabut selalu masuk di kalender Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sekda Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, mengapresiasi semua pihak, termasuk pemda kabupaten/kota, Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) Bencoolen, dan masyarakat sekitar Lapangan Merdeka, yang telah berkontribusi aktif mensukseskan Festival Tabut Bengkulu tahun 2024.

Ke depan, lanjut Sekda Isnan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan kebudayaan dan kepariwisataan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan mengusulkan beberapa event kebudayaan dan pariwisata agar juga masuk di kalender Karisma Event Nusantara Kemenparekraf RI.

"Sesuai arahan Pak Gubernur, tidak hanya Festival Tabut, kita akan rintis event-event setara Tabut ke depan. Kita meminta Kemenparekraf untuk memfasilitasi dan membantu kita mewujudkan event-event yang kita siapkan," jelas Sekda Isnan usai mengikuti rangkaian Pelepasan Tabut Tebuang, Selasa (16/7).

Ketika ditanyakan terkait event apa saja yang akan diusulkan, Sekda Isnan menerangkan bahwa saat ini masih dalam pembahasan bersama dinas teknis dan pemda kabupaten/kota.

"Di antaranya yang akan kita usulkan adalah Festival Karnaval Kain Besurek di Kota Bengkulu, Festival Danau Nibung di Kabupaten Mukomuko, Festival Gurita di Kabupaten Kaur, dan beberapa event lainnya," tambahnya.

Sementara itu, Rio Murdani, warga dari Kabupaten Mukomuko, menuturkan bahwa kemeriahan Festival Tabut tahun ini memberikan kesan tersendiri. Terlebih lagi, festival ini masuk terdaftar di kalender Karisma Event Nusantara Kemenparekraf.

"Sangat meriah, apalagi dikemas dengan mengedepankan budaya lokal Bengkulu. Harapan kami untuk tahun berikutnya, festival ini dapat memberikan kesan dan pesan yang lebih mendalam kepada para pengunjung. Memang masih ada beberapa PR yang harus kita selesaikan bersama, seperti lahan parkir dan biaya parkir kendaraan. Tujuannya agar event sebesar ini tidak tercoreng oleh hal-hal tersebut," tutup Rio.