Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Terus Berinovasi, Usin dan DLHK Provinsi Siapkan Program Digitalisasi Pengelolaan Sampah

PedomanBengkulu.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu mengadakan evaluasi program penanganan sampah yang telah berlangsung selama tiga tahun.

Pertemuan ini dihadiri langsung Inisiator Bank Sampah Usin Abdisyah Putra Sembiring SH, Siti Pahlawati atau yang sering disapa Lala, sebagai Fungsional Pengendali Lingkungan dan Kader Lingkungan DLHK Provinsi Bengkulu, para Koordinator Frans dan Yudi Nugroho, narasumber Ibu Ety dan Mas Eko Sumartono dan Pengurus Bank Sampah Induk (BSI) SEHATI serta para fasilitator Kader Lingkungan.

Dikatakan Usin Abdisyah Putra Sembiring SH,  pertemuan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menangkap aspirasi dari para kader lingkungan di tingkat bawah, kelompok dampingan, Bank Sampah Unit (BSU) dan Bank Sampah Induk (BSI) terkait dengan hambatan atau capaian yang belum sesuai target yang telah ditetapkan. Selain itu, pertemuan juga membahas rencana digitalisasi bank sampah dan kebutuhan upgrading (peningkatan mutu, pengetahuan, dan ilmu berorganisasi) pengurus bank sampah.

“Pertemuan ini juga membahas kebutuhan upgrading para pengurus bank sampah dan rencana digitalisasi bank sampah hingga penghitungan target pengurangan sampah yang dibuang ke TPA,” kata Usin Abdisyah Putra Sembiring SH, Minggu (14/7/2024).

Disisi lain, lanjut Usin Abdisyah Putra Sembiring SH, isu-isu persampahan yang mencuat baru-baru ini serta penanganan sampah di kawasan-kawasan pariwisata di kota dan tempat-tempat strategis seperti DAS, Irigasi serta lokasi-lokasi lahan yang adanya penimbunan atau pembuangan sampah liar masih menjadi masalah harus dilakukan program kolaboratif dan sinergis antar para pihak termasuk Pemprov dan Pemkot Bengkulu.

“Saya bersama kawan-kawan sudah melaksanakan program ini selama 3 tahun dan akan tetap melanjutkan program penanganan persampahan ini sampai tuntas. Terima kasih kawan-kawan yang masih memiliki semangat untuk menjaga lingkungan kita masing-masing dan memberikan penyadaran di garda terdepan untuk memilih, memilah dan mengelola sampah dari rumah tangga,” ucap Usin Abdisyah Putra Sembiring SH.