Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

DPPKB Lakukan Intensifikasi Fungsi Kader TPK dan Kader KB di Pulau Enggano


PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu akhir Agustus 2024 baru ini, melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) setempat berlabuh di Pulau Enggano menggelar pertemuan intensifikasi dalam penguatan kader Tim Pendamping Keluarga (TPK) dan Kader KB (PPKBD & Sub PPKBD). 

Mendampingi Kepala Dinas PPKB Bengkulu Utara Nova Hendriani, SKM.,MM dalam kunjungan kerja di Pulau Enggano tersebut, tampak hadir Elvidas Nasution Kepala Bidang Ketahanan Keluarga, Iriadi Kepala Bidang Penyuluhan dan Penggerakan DPPKB.

Nova Hendriani mengatakan, intensifikasi fungsi kader TPK maupun PPKBD dan Sub PPKBD sebagai strategi pemerintah dalam memperkuat program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta upaya dalam membentengi keluarga di Enggano dari potensi dari risiko stunting," kata Kadis PPKB di Balai KB di Desa Apoho, Kecamatan Enggano.

"Penguatan kader sebagai upaya penguatan ketahanan keluarga melalui program Bangga Kencana. Melalui pertemuan penguatan kader agar masing-masing dapat memahami dan menjabarkannya di tengah masyarakat. Kader TPK dengan fungsi pendampingannya harus paham kelompok sasaran yaitu Ibu pasca salin, ibu hamil, baduta dan calon pengantin yang merupakan kelompok keluarga berisiko stunting," kata Nova Hendriani.

“Untuk mencapai kinerjanya, kader TPK maupun Kader KB harus memahami peran dan fungsinya masing-masing. Sehingga dengan memahami fungsinya maka dapat menjadi institusi masyarakat yang berkontribusi dalam pembangunan kependudukan,"ujar Nova.

“Enggano, salah satu dari 19 kecamatan di Bengkulu Utara dengan jumlah penduduk mencapai 5.000 jiwa terdapat 800-an pasangan usia subur (PUS). Melalui peran kader, pemerintah kabupaten hingga provinsi optimis program Bangga Kencana di daerah ini akan menjadi penyumbang keberhasilan program pembangunan keluarga," sebut Nova optimis.

Ia menyebutkan di Enggano terdapat kader TPK dan Kader KB yaitu PPKBD dan Sub PPKB masing-masing sebanyak 18 personel. Di tangan kader sebagai institusi masyarakat, untuk meningkatkan semangat kerja para kader, pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara telah menyalurkan bantuan uang pulsa dan isentif untuk para kader.