Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Ingat! Bearing Roda Tidak Bisa Diperbaiki Tapi Harus Diganti, Ini Tips Merawatnya Agar Tetap Awet

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Bearing atau banyak yang menyebutnya dengan nama laher merupakan komponen yang penting pada sepeda motor, fungsinya adalah penghubung as dengan teromol di bagian roda depan maupun belakang. Walaupun bentuknya kecil, bearing juga punya fungsi lain sebagai penahan beban dan membuat putaran ban menjadi optimal.

Karena begitu pentingnya komponen ini, bearing haruslah memiliki material yang berkualitas. Dan yang perlu diketahui, ketika mengalami kerusakan Bearing tidak bisa diperbaiki, solusi yang tepat adalah menggantinya dengan yang baru.

Bearing roda adalah komponen pada motor yang berfungsi sebagai bantalan pada as roda agar roda pada sepeda motor dapat berputar dengan nama dan stabil. Jika fungsi komponen itu terganggu, maka akan mempengaruhi stabilitas motor. Lalu bagaimana cara merawatnya?

Dikutip dari laman instagram Astra Motor Bengkulu @hondabengkulu, berikut beberapa langkah perawatan bearing sepeda motor.

1. Melakukan pemeriksaan bearing setiap setelah pemakaian  4.000 km.

2. Hindari kontaminasi debu atau kotoran ketika melakukan pemasangan bearing.

3. Gunakan gemuk secukupnya dan merata. Tidak perlu terlalu banyak melumuri bearing dengan gemuk karena debu dan kotoran akan mudah menempel.

4. Bearing perlu segera diganti apabila pernah terendam air.

Jika bearing harus diganti, maka gunakanlah Honda Genuine Part yang kualitasnya sudah teruji. 

Selalu percayakan pemeriksaan dan perawatan rutin sepeda motor kesayangan kepada mekanik andal dan berpengalaman di bengkel AHASS agar motor selalu dalam kondisi prima.[KC06]