Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kedua Kalinya, Mukomuko Raih Penghargaan di UHC Awards 2024

PedomanBengkulu.com - Mukomuko - Pemerintah Kabupaten Mukomuko kembali menuai prestasi di tingkat Nasional. Kali ini daerah berjuluk Bumi Sati Ratau Batuah ini mendapat penghargaan Universal Health Coverage (UHC) yang kedua kalinya dari Pemerintah Pusat. Penyerahan Penghargaan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Mukomuko Sapuan dan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Mukomuko Elva Elinda di The Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Kamis (08/08/2024).

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti mengungkapkan, perolehan penghargaan ini merupakan apresiasi pemerintah terhadap dukungan pemerintah daerah, sebab telah mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Capaian UHC di berbagai daerah merupakan bentuk implementasi Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program JKN,” ungkap Direktur Utama BPJS Kesehatan.

Menurutnya, prestasi UHC juga perlu didukung dari segi kualitas pelayanan kesehatan. Untuk memastikan akses layanan kesehatan tersebut, per 1 Agustus 2024 BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 23.205 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Kemudian ada 3.129 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

"Capaian predikat UHC tersebut kami harapkan dapat menjadi pendorong bagi pemerintah daerah lain untuk semakin meningkatkan jumlah kepesertaan dan kualitas layanan dalam rangka memberikan perlindungan seluruh penduduk dalam program JKN," imbuh Dirut.

Sementara itu, Bupati Mukomuko Sapuan menyampaikan saat ini di Kabupaten Mukomuko tahun 2024 telah melebihi target UHC.

"Alhamdulillah Kabupaten Mukomuko telah melebihi target, yaitu mencapai angka 99,35 persen sudah tergabung dalam kepesertaan BPJS dari jumlah 201.227 penduduk," ungkap Bupati.

Di tempat yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Mukomuko mengucapkan syukur atas capaian  BPJS Kesehatan Republik Indonesia secara nasional telah mampu sangat cepat menjangkau kepesertaan 98,19% dari penduduknya.

"Kami ucapkan syukur atas capaian ini, selamat kepada Indonesia yang secara nasional  UHC-nya mencapai 98,19 persen dalam waktu 10 tahun, ini adalah capaian tertinggi sedunia," kata Elva Elinda.

Ia menambahkan, pihaknya mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Mukomuko atas dukungannya terhadap program JKN-KIS.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah beserta pemangku kepentingan utama, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mukomuko, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Badan Keuangan Daerah, Kepala Desa dan Perangkat Desa,  sektor swasta, serta seluruh masyarakat Mukomuko atas dukungan dan kerjasama yang terbangun dengan baik selama ini. Selain itu tidak lupa terimakasih juga untuk tim BPJS Kesehatan Mukomuko yang sangat luar biasa sehingga mendapatkan penghargaan kedua kalinya di UHC Award," ujar Elva Elinda. (Rilis)