Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

PT Alno Agro Utama Salurkan CSR Dalam Program Donasi JKN

PedomanBengkulu.com, Mukomuko - PT Alno Agro Utama dan BPJS Kesehatan telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk menyalurkan dana Corporate Social Resposibility (CSR) Donasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS). Penandatanganan PKS ini disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto di Ruang Rapat Sekda Mukomuko pada Jumat, (16/08/2024).

Penyaluran dana CSR ini merupakan bentuk kepedulian sekaligus komitmen perusahaan dan upaya PT Alno Agro Utama untuk mendukung layanan kesehatan bagi masyarakat di sekitar perusahaan. Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan dapat meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Mukomuko.

Kepala Regional Manager PT Alno Agro Utama, Irwan mengatakan bahwa pihaknya dari Air Ikan Estate dan Pangeran Estate yang berada di wilayah Kabupaten Mukomuko saat ini telah mendaftarkan masyarakat di sekitar perusahaan ke dalam program JKN-KIS sebagai partisipasi dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) di Kabupaten Mukomuko. 

”Kami sudah memulai untuk berpastisipasi mendukung program JKN dengan mendaftarkan 60 jiwa, harapannya nnti perusahaan lain dapat mengikuti jejak kami, sesuai dengan proporsi dan kemampuan masing-masing. Harapannya perusahaan lain segera menyusul dan masyarakat segera mendapatkan manfaatnya,” ujar Regional Manager.

Adapun peserta yang didaftarkan oleh PT Alno Agro Utama di program JKN tersebut adalah masyarakat yang berasal dari Kecamatan Malindeman yang terdiri dari 4 desa yaitu: Desa Gajah Makmur, Desa Serami Baru, Desa Lubuk Talang dan Desa Talang Arah yang masing-masing desa berjumlah 15 jiwa.

’’Nantinya, jika semakin banyak perusahaan yang berpartisipasi, maka semakin ringan beban kita nanti, prinsipnya gotong royong.  Untuk sekarang kita awali kerjasama ini, kalau tidak ada masalah yang krusial pasti kita lanjut terus dan ada kemungkinan bertambah jumlah yang didaftarkan kedepannya,” ungkap Iwan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto  menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif PT Alno Agro Utama yang sangat cepat merespon himbauan pemerintah daerah untuk mendukung program JKN-KIS. 

"Alhamdulillah kita bersyukur PT Alno telah mengawali terkait yang kita sampaikan beberapa waktu lalu dengan beberapa perusahaan lainnya. Ini merupakan pesan Pak Bupati terkait kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar, " kata Sekda.

Sekretaris Daerah berharap agar program CSR Perusahaan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat segera memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Kabupaten Mukomuko.

”Ini adalah wujud nyata perusahaan untuk memberi jaminan kesehatan kepada masyarakat Mukomuko melalui kepesertaan di BPJS Kesehatan. Tentu Pemerintah Kabupaten Mukomuko memberikan penghargaan yang tertinggi kepada PT Alno Agro Utama. Tentunya CSR bukan hanya untuk BPJS Kesehatan saja, banyak sekali macamnya. Namun, salah satu penggunaannya bisa disalurkan melalui program donasi CSR ini,’’ terang Abdiyanto.

Ditempat yang sama, mewakili Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bengkulu, Kepala Bagian Kepesertaan Ricco Hanggara mengatakan, langkah PT Alno Agro Utama ini dapat menjadi motivasi bagi perusahaan-perusahaan lain maupun masyarakat untuk ikut berpartisipasi mendonasikan CSR lembaga, yayasan atau individu yg ingin berkontribusi dalam membantu masyarakat khususnya yang kurang mampu dalam program JKN.

”Ini merupakan tindak lanjut yang diinisiasi pihak Pemda beberapa waktu lalu yang sudah mengundang perusahan-perusahaan besar di wilayah Kabupaten Mukomuko. Hari ini ada 60 peserta yang didaftarkan dan insyaallah akan aktif per 1 September mendapat hak perawatan di kelas tiga,” ujar Ricco Hanggara.(Rilis)