Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Digandrungi Generasi Z, RIANG di Atas Angin

PedomanBengkulu.com - Kepahiang - Laporan survei Pusat Studi Demokrasi dan HAM (Pusdeham) mengenai perilaku memilih masyarakat dalam Pemilu Kepala Daerah Kabupaten Kepahiang 2024 tercatat bahwa 75 persen generasi Z menjatuhkan pilihannya kepada Hj Riri Damayanti John Latief sebagai Bupati.

Tim Media Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Independen pasangan Hj Riri Damayanti John Latief-Ujang Irmansyah atau yang dikenal dengan akronim RIANG, Rudi Nurdiansyah, mengatakan, hasil survei Pusdeham tersebut membuat posisi RIANG berada di atas angin.

"Data resmi KPU menyebutkan bahwa pemilih dari generasi Z dan generasi milenial merupakan yang dominan. Lebih dari 56,45 persen dari total keseluruhan pemilih. Hasil survei Pusdeham seakan-akan mengkonfirmasi siapa pemenang Pilkada Kepahiang 2024," kata Rudi Nurdiansyah kepada media, Kamis (12/9/2024).

Jamaah Masjid Jamik Kelurahan Pasar Kepahiang ini menjelaskan, generasi Z dan milenial dikenal sebagai kaum muda yang tumbuh bersama teknologi dan sebagai warga negara sudah cukup umur untuk menyukseskan pemilu 2024 dengan menggunakan hak pilihnya.

"Hasil survei itu tidak mengejutkan, kampanye RIANG di media sosial memang sangat kreatif, selain memang usia Riri Damayanti John Latief sendiri masih sangat muda, cocok dengan kalangan generasi Z dan milenial. Masih gaul," ujar Rudi Nurdiansyah.

Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini menekankan, meski diprediksi unggul, namun Bakal Calon Bupati Hj Riri Damayanti John Latief berpesan kepada tim pemenangan untuk tetap rendah hati dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

"Jadi pesan Ibu Riri Damayanti, kita nggak boleh merasa di atas angin. Allah berkuasa mengubah keadaan sekehendak-Nya. Apapun bisa terjadi. Dalam politik perubahan bisa terjadi dengan begitu cepat. Tetap luruskan niat bahwa kita melakukan ini karena Allah, demi kesejahteraan masyarakat, untuk kemakmuran Kepahiang," tegas Rudi Nurdiansyah.

Pentingnya peran generasi muda ini pernah disampaikan anggota KPU Kabupaten Kepahiang Iin Gustiawan, Minggu, 13 Agustus 2023 yang lalu, dalam sebuah kegiatan dengan tema "Peran Generasi Milenial dalam Mensukseskan Pemilu 2024".

Sebagaimana dilansir dari situs resmi RRI, Iin Gustiawan menyampaikan, dalam hal partisipasi politik, generasi muda sangat substansial karena dalam presentase jumlah pemilih generasi milenial banyak menyumbangkan suara. 

Ia menuturkan, generasi muda memiliki pengaruh tersendiri terhadap pemilu selain karena jumlahnya yang cukup banyak, generasi muda juga hidup pada era informasi di mana segala sesuatunya menggunakan internet atau media online