Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Gemuja BSA Perjuangkan Hak Masyarakat Ulayat dan Berkontribusi dalam Pembangunan Daerah


PedomanBengkulu.com - Sebagai organisasi yang menghimpun masyarakat ulayat, Gabungan Eksistensi Masyarakat Ulayat Jam Gadang (Gemuja) Bukittinggi Salingka Agam (BSA) memiliki peran penting sebagai jembatan antara masyarakat dan pemerintah.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah Sutan Mangkuto Alam, dalam sambutannya setelah Pengukuhan Pengurus Gemuja BSA Periode 2024-2029, di Balai Raya Semarak, Minggu (22/9/2024).

"Peran organisasi masyarakat seperti ini sangat terasa, tidak hanya bagi komunitasnya, tetapi juga bagi masyarakat umum. Mulai dari kegiatan keagamaan, sosial kemasyarakatan, seni budaya, hingga berkontribusi dalam kegiatan pemerintah, bahkan urusan pemakaman," kata Rohidin.

Ia berharap, program kerja kepengurusan yang baru ini dapat mempererat silaturahmi dan terus memperjuangkan hak-hak masyarakat ulayat, serta memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan daerah yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Gubernur juga menekankan bahwa kesatuan dan kekompakan adalah kunci utama bagi kemajuan sebuah organisasi. 

Menurutnya, tanpa kebersamaan, sebesar apa pun sebuah organisasi tidak akan mampu berkembang dengan optimal.

Sementara itu, Ketua Gemuja BSA terpilih, Restu Yono Sutan Ma'ruf, menyatakan bahwa sebagai suku Minang yang merantau, mereka harus menjaga amanah yang diwariskan, yaitu "di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung."

Sebagai individu maupun organisasi, tentu mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan daerah. Gemuja BSA, sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang berbasis kedaerahan, berlandaskan ikatan kekeluargaan dan kekerabatan yang erat.

"Tugas utama kami adalah memperbaiki legalitas organisasi agar berbadan hukum dan terdaftar. Kami juga akan mengembangkan yayasan, TPQ Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Mushalla Nurul Yaqin atau Surau Gemuja, serta aset kebun sawit dan Pandam Pekuburan di Pondok Kelapa, dan masih banyak lagi," jelasnya.

Dewan Pengurus Gemuja BSA Periode 2024-2029:

Ketua Umum: Restu Yono Sutan Ma'ruf

Ketua Harian: Gatot Supriyanto Sutan Sati

Sekretaris Umum: Syukri Sutan Pamenan

Sekretaris I: Azwar Sutan Kabasaran

Sekretaris II: Satriadi Putra Sutan Rang Kayo Bungsu

Bendahara Umum: Bustami

Bendahara I: Fitra Yoki Sutan Nagari

Bendahara II: Riri Sabrina

Wakil Ketua I: Eka Mitriwal Dutan Bagindo

Wakil Ketua II: Erizal Sutan Mudo

Wakil Ketua III: Suhermi

Wakil Ketua IV: Muhammad Gulam Sutan Bagindo

Wakil Ketua V: Zuheri Amir