Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Jangan Asal NgeGas! Utamakan #Cari_Aman Saat Berkendara

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Mengendarai sepeda motor merupakan aktivitas yang berisiko tinggi. Oleh karena itu, pengendara sepeda motor harus mengutamakan keselamatan berkendara dan mematuhi rambu lalu lintas yang berlaku agar tetap #Cari_Aman.

Noval Yunaidi, Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu, menekankan ada beberapa dasar-dasar yang perlu diperhatikan saat berada di jalan antara lain:

1. Menghidupkan Lampu Sein Sebelum Berbelok

Lampu sein memiliki fungsi untuk memberi informasi kepada pengendara lain di belakang. Sehingga sebelum berbelok, pengendara Wanita wajib untuk menghidupkan lampu sein ke arah yang mau dituju.

2. Melihat Spion dan Menjaga Kecepatan Ketika Berbelok

Dengan memperhatikan spion terlebih dahulu akan memastikan keselamatan ketika berbelok. Selain itu kecepatan sepeda motor juga perlu diperhatikan untuk menghindari kecelakaan akibat blind spot maupun ban selip.

3. Tidak Melanggar Lampu Merah

Pengendara sepeda motor wajib untuk mematuhi lampu merah dan tidak melanggar meski dalam kondisi terdesak.

4. Tidak Berada Dekat dengan Kendaraan Besar Seperti Bus dan Truk

Kendaraan dengan dimensi besar dipastikan memiliki blind spot yang sangat besar dan tidak sedikit pengemudi bus atau truk tidak dapat melihat sepeda motor di sekitar kendaraan.

5. Selalu Tenang Saat di Atas Motor

Tidak melulu soal teknis, soal psikologis juga harus jadi perhatian. Para pengendara khususnya Wanita, saat berkendara dalam kondisi apapun saat berada di atas motor harus tetap tenang, tidak dalam keadaan emosi dan gegabah ambil keputusan.

“Pengendara juga disarankan agar tidak membawa barang bawaan terlalu banyak agar tidak menimbulkan kendala ketika mengerem dan berbelok," pesan Noval.

Selain itu, tidak mengoperasikan handphone ketika berkendara karena akan menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan di jalan raya. 

"Safety Gear meliputi helm, sarung tangan, Jaket, Celana Panjang dan Sepatu wajib digunakan meski hanya menempuh jarak pendek," lanjutnya.

Noval juga mengingatkan untuk menghormati pengguna jalan lain dan tidak egois agar selalu #Cari_Aman.[KC06]