Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kader Lingkungan Gelar Studi Tiru di Pulau Jawa

PedomanBengkulu.com - Senin, 23 September 2024, di halaman kantor Pemda Provinsi Bengkulu, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring SH bersama Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Sekda, para asisten, Kepala OPD dan Kadis DLHK Provinsi Bengkulu bersama staff dan Pelaksana program persampahan ibu Siti Pahlawati melepas peserta Studi Tiru kelompok kader lingkungan ke beberapa lokasi pengelola sampah organik dan anorganik di pulau Jawa yang telah sukses dan berdampak positif dalam pengelolaan sampah di kota-kota besar.

Sementara, lokasi pembelajaran yang akan mereka tuju antara lain :
1. Balai Riset Ikan yang telah berhasil mengelola Magot
2. Bank Sampah Bersinar di bandung yang berhasil dalam pengelolaan bank sampah
3. Bank Sampah BLE di Banyumas yang telah berhasil mengelola sampah anorganik menjadi bahan bangunan dan bata blok.
4. Bank Sampah Apel di Jogjakarta

“Tujuan studi tiru ini untuk mendapatkan langkah-langkah mereka yang berhasil dari awal pendirian, pengelolaan, hingga program yang bisa diterapkan di kelompok kader binaan mereka masing-masing setelah kembali. Program yang berkelanjutan ini akan terus didorong pada tahun-tahun yang akan datang dengan diversifikasi program lainnya dengan sinergi baru,” ujar Usin Abdisyah Putra Sembiring SH.

Di sisi lain, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan Dengan terbentuknya kelompok masyarakat sadar lingkungan, khususnya dalam pengelolaan sampah, diharapkan mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus manifestasi dari salah satu prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan, yaitu waste to resource melalui cara kerja ekonomi sirkular dan sampah menjadi sumber energi.

“Kader lingkungan melalui organisasi bank sampah ini harus menjadi babak baru pengelolaan sampah di Provinsi Bengkulu khususnya Kota Bengkulu menuju Zero Waste, Zero Emission,” kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah