Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Menjaga Kualitas Aki Motor Agar Tahan Lama, Perhatikan Hal Berikut!

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Diketahui, Aki adalah salah satu komponen pada motor yang memiliki peran penting dalam penggunaannya selain menjadi kunci utama agar starter motor dapat dinyalakan, fungsinya juga sekaligus untuk menyalakan komponen kelistrikan seperti head lamp, lampu sign dan lampu indicator.

Dikutip dari laman Instagram Astra Motor Bengkulu @hondabengkulu, Selasa (17/8). Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan agar aki bisa lebih awet dan memiliki umur yang panjang: 

1. Rutin Menghidupkan Mesin

Selain untuk mensirkulasikan oli ke mesin secara optimal, memanaskan mesin sepeda motor juga untuk menjaga daya aki tetap 100 persen. Pasalnya, meski kondisi motor sedang mati aki masih bekerja menyalurkan tenaga listrik. Meski daya yang disalurkan tidak besar, tapi jika terjadi dalam waktu lama tanpa adanya proses recharge saat mesin motor menyala tentu akan membuat aki drop.

2. Hindari Aksesoris Elektronik yang Berlebihan

Penggunaan aksesoris kelistrikan yang bukan standar pabrikan seperti penambahan lampu variasi hingga perubahan tipe klakson akan menambah beban kerja aki. Beban kerja aki yang berat dalam waktu lama akan membuat usia pakainya jadi lebih pendek.

3. Pastikan Kunci Kontak Dalam Kondisi Off   

Saat mesin motor dalam keadaan mati, pastikan kunci kontak motor pun kondisinya off. Karena jika kunci kontak pada posisi on, akan mengambil daya aki.

4. Cek Kondisi Terminal Aki Secara Berkala 

Rutinlah memeriksa kondisi aki dan pastikan bagian sambungan terminal dalam kondisi kencang. Pastikan juga tidak ada kebocoran cairan aki karena cairan aki berpotensi jadi ancaman keselamatan, terutama sifat cairan asam sulfat (H2SO4) yang dapat mengikis logam (korosi) dan mudah terbakar. 

Selain itu, adanya kelonggaran pada bagian sambungan aki akan menyebabkan timbulnya kerak putih yang dapat menghambat proses aliran listrik menuju aki.  

Kepala Bagian Technical Service Astra Motor Bengkulu, Rangga Noviar mengatakan, "Untuk memaksimalkan penggunaan aki pada sepeda motor Honda anda, selalu lakukan pemeriksaan, perawatan rutin dan gunakan battery/aki sesuai rekomendasi pabrikan di Bengkel resmi sepeda motor Honda atau AHASS terdekat agar penggunaan aki selalu berfungsi dengan baik dan mesin sepeda motor selalu dalam kondisi prima”.[KC06]