Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Rohidin Mersyah: Universitas Terbuka Hadirkan Akses Pendidikan Tanpa Batas

PedomanBengkulu.com - Universitas Terbuka Bengkulu menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) untuk mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 semester ganjil, yang diadakan secara tatap muka di ruang Rafflesia Hotel Santika Bengkulu pada Sabtu (14/9/2024).

OSMB tersebut diikuti secara luring oleh 683 mahasiswa dan secara daring oleh 183 mahasiswa baru UT Bengkulu yang telah menyelesaikan tahapan proses registrasi. OSMB merupakan kegiatan pengenalan mengenai proses belajar di perguruan tinggi.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, menyampaikan bahwa Universitas Terbuka, yang diketahui merupakan perguruan tinggi negeri ke-45 di Indonesia dan diresmikan pada 4 September 1984, memiliki filosofi bahwa pendidikan adalah hak setiap warga negara.

"Kita ketahui bersama, keberadaan Universitas Terbuka memberikan berbagai kemudahan bagi putra-putri daerah, khususnya Bengkulu, untuk mengenyam pendidikan tinggi tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu," kata Rohidin.

Orientasi ini, lanjutnya, merupakan kegiatan pengenalan yang diberikan Universitas Terbuka agar mahasiswa dapat melakukan proses belajar mandiri serta membangun kesiapan, kesanggupan, dan kemandirian dalam belajar sehingga berhasil dalam studi di sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh.

"Tentu kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas Terbuka Bengkulu yang telah memberikan kesempatan dan selalu bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk mewujudkan putra-putri Bengkulu yang berpendidikan, cerdas, dan berkarakter," imbuhnya.

"Selain itu, terselenggaranya program beasiswa RPL Desa Provinsi Bengkulu pada angkatan kedua ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia di desa melalui pendidikan tinggi," lanjut Rohidin.

Direktur Universitas Terbuka Bengkulu, Yusrizal, menjelaskan bahwa kegiatan OSMB merupakan bagian dari rangkaian Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ). Menurutnya, PKBJJ bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan belajar efektif dalam sistem pembelajaran jarak jauh di UT agar mereka memiliki kesiapan, kepercayaan diri, dan kemandirian dalam menyelesaikan studi dengan baik dan efektif.

"Tujuan diadakannya OSMB adalah agar mahasiswa UT dapat mengenal dan memahami lingkungan akademis di UT," ujarnya.

"Saya juga mengimbau seluruh mahasiswa baru UT Bengkulu untuk memanfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin agar lebih memahami hal-hal yang belum diketahui mengenai pembelajaran di UT yang akan mendukung kesuksesan kalian di masa depan," tutup Yusrizal.