Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Seminar Nasional Pusat Studi ASEAN UNIFAS Bengkulu: Memperkuat Identitas Budaya Melalui Pariwisata


PedomanBengkulu.com, Bengkulu -  Pusat Studi ASEAN UNIFAS Bengkulu menyelenggarakan Seminar Nasional bertema "Memperkuat Identitas Budaya Melalui Pariwisata di ASEAN", di Gedung Jama'an Nur UNIFAS Bengkulu, Jumat (20/09/2024).

Seminar ini menghadirkan sejumlah narasumber ternama termasuk Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar, SP., M.Si., Koordinator Prodi IPS PSA UNIFAS Bengkulu, M. Ilham Gilang, M.Pd., serta Olivia Fatma Sari, Putri Pariwisata Indonesia Bengkulu 2022 dan Putri Bunga Indonesia 2022, dengan tujuan untuk memperkenalkan dan memperkuat identitas budaya di kalangan pemuda melalui pariwisata.

Ketua Panitia, M. Danu Setiawan mengatakan acara ini diadakan sebagai respons terhadap fenomena lunturnya identitas budaya di kalangan generasi muda akibat modernisasi. 

"Kami merasa bahwa penting bagi para pemuda, terutama generasi Z, untuk mengenali dan mengokohkan kembali identitas budaya mereka. Melalui pariwisata, budaya bisa diperkenalkan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif," ujarnya.

Panitia telah menyiapkan strategi khusus untuk menarik minat peserta, terutama generasi muda. Salah satunya adalah mengadakan seminar setiap bulan dengan tema-tema yang relevan, bertepatan dengan peringatan hari-hari penting.

"Selain itu, kami melakukan promosi yang kreatif dan menarik agar para pemuda tertarik untuk mengikuti seminar ini," jelas Danu.

Ia juga menambahkan bahwa harapan dari penyelenggaraan seminar ini adalah agar para pemuda yang hadir dapat lebih memahami pentingnya budaya sebagai bagian dari jati diri dan nilai-nilai yang harus dijaga. 

"Melalui acara ini, kami berharap para pemuda tidak hanya mengenal budaya dari negara-negara ASEAN, tetapi juga memahami bagaimana budaya tersebut dapat diperkuat melalui pariwisata," imbuhnya.

Seminar ini dihadiri oleh para peserta dari berbagai universitas di Bengkulu, termasuk Universitas Muhammadiyah Bengkulu, UNIFAS Bengkulu, Unihaz, serta UIN Bengkulu. Dengan biaya pendaftaran sebesar IDR 25.000, peserta mendapatkan sertifikat, e-material, snack, serta kesempatan untuk mendapatkan doorprize yang menarik.[ADV]