Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Leni John Latief Tekankan Pentingnya Penguatan Kebangsaan Kades se-Indonesia

PedomanBengkulu.com, Jakarta - Kepala desa memiliki peran strategis sebagai pemimpin yang posisinya paling dekat dengan masyarakat. Dengan perannya yang penting ini, kepala desa mestinya berada di depan dalam membangun karakter kebangsaan yang kuat bagi masyarakatnya. 

Hal itu disampaikan Senator Republik Indonesia asal Provinsi Bengkulu Hj Leni Haryati John Latief mengenai rencana kolaborasi antara DPD RI dan Lembaga Ketahanan Nasional dalam program penguatan nilai-nilai kebangsaan untuk seluruh kepala desa (kades) se-Indonesia.

"Indonesia dibangun dengan kekuataan kebangsaan yang dibangun dari ribuan desa di seluruh tanah air. Nilai-nilai Pancasila akan merosot kalau satuan pemerintahan terkecil seperti desa karakter kebangsaannya tidak terbangun. Keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara juga terancam berakhir," kata Hj Leni Haryati John Latief, Senin (28/10/2024).

Lulusan Magister Administrasi Publik Universitas Bengkulu ini menjelaskan, demi mencapai masyarakat yang aman, adil, makmur dan sejahtera, maka tata kelola kehidupan berbangsa dan bernegara harus dilandasi dengan jatidiri bangsa dan kesadaran terhadap sistem nasional yang bersumber dari Pancasila.

"Macam-macam paham yang masuk lewat globalisasi perlahan-lahan membuat semangat kebangsaan merosot. Lewa kepala-kepala desa, harapannya wawasan kebangsaan ini bisa masuk ke tengah-tengah masyarakat secara sistematis dan terprogram secara baik," ujar Hj Leni Haryati John Latief.

Ketua Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid Dewan Masjid Indonesia (BKMM-DMI) Provinsi Bengkulu ini menekankan, dengan meningkatnya semangat kebangsaan di tengah-tengah masyarakat tersebut, arus budaya asing yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dapat dibendung.

"Pembekalan kepada kepala-kepala desa ini harus dilakukan terus menerus, sehingga dapat meresap ke tengah-tengah warga desa dan membentuk sikap pribadi masyarakat dengan karakter kebangsaan yang kuat. Semangat kebangsaan harus terbina seiring menguatnya otonomi desa," sampai Hj Leni Haryati John Latief.

Untuk diketahui, wacana kolaborasi antara DPD RI dan Lembaga Ketahanan Nasional dalam program penguatan nilai-nilai kebangsaan untuk seluruh kepala desa (kades) se-Indonesia muncul dalam acara pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi anggota DPD RI 2024-2029 baru-baru ini.

"Mudah-mudahan wacana ini bisa terealisasi sehingga dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya kepala desa menjadi pemimpin yang berwatak dan berkarakter kebangsaan untuk bisa membawa masyarakatnya menjadi masyarakat yang bahagia dan sejahtera," demikian Hj Leni Haryati John Latief